Selasa, Oktober 13, 2009

Perkiraan Nilai sebuah Blog

Anda para blogger, kalau ditanya berapa kira-kira nilai (ekonomis dalam satuan mata uang) blog anda? Bisakah Anda menjawabnya?

Bloggers semua pasti ingat, dalam salah satu butir kesepakatan antara blogger dengan penyedia layanan yang harus dipatuhi setiap blogger adalah blog tidak bisa diperjualbelikan. Namun begitu, mestinya seperti juga hasil karya lainnya, blog walaupun tidak boleh (bukan tidak bisa) diperjualbelikan seharusnya mempunyai nilai.

Masalahnya, siapa yang berhak memberi nilai dan kriteria-kriteria apa yang bisa dan pantas dijadikan ukuran nilai sebuah blog dan bisa diterima oleh setiap blogger di seluruh belahan dunia. Apakah umur blog, contents, nilai page rank, alexa, traffic, index, backlink bisa dijadikan ukuran dan diterima oleh semua blogger. Atau ada kriteria lain, baik secara teknis maupun non teknis yang bisa dijadikan ukuran. Jika memang bisa, apa cocok dikonversikan ke nilai mata uang, atau ada satuan lain yang lebih komprehensif dan representatif. Belum ada yang bisa memastikan apalagi memutuskan.

Jadi belum ada ukuran baku, penentu berapa nilai sebuah blog yang bisa diterima. Kalau ada situs yang menyatakan bisa memperkirakan nilai sebuah blog, pastinya, sangat-sangatlah bersifat subyektif. Seperti 2 buah link ini, http://www.smartpagerank.com dan http://bizinformation.org. Hasilnya seperti di bawah:



Bisa Anda simak dan simpulkan sendiri hasilnya. Sebelum menggunakan salah satu nilai hendaknya bloggers bersifat realistis, karena hanya para bloggers sendiri sesungguhnya yang tahu kemungkinan nilai yang masuk akal, salah-salah pilih bisa ditertawakan orang. Malu deh dong...!?

Mudah-mudahan ke depan ada satu kesepakatan yang bisa dijadikan ukuran nilai blog yang bisa diterima bloggers semua, who knows?.

Bagaimana pendapat sobat bloggers? Untuk menambah referensi kita bersama, para sobat bloggers silakan meng-comment pendapatnya, kalau ada, sekaligus link yang relevan lainnya, sebelumnya terimakasih.

2 komentar: