Kamis, Mei 14, 2009

Lilin dalam Batu Bata



















SIAPA bilang lilin hanya cocok diletakkan di dalam ruangan? Lilin yang satu ini berbeda. Yang membuatnya berbeda adalah tempat/wadahnya; bukan dari perak, kayu, atau kaca, melainkan dari batu bata. Karena itu, lilin ini cocok ditempatkan di luar ruangan.

Batu bata yang biasa dipakai untuk bahan dinding rumah, bisa juga dimanfaatkan untuk wadah lilin. Bentuknya yang kasar, bahkan mungkin dengan bagian sisi yang retak-retak, justru menambah nilai artistik lilin ini. Anda bisa meletakkannya di halaman atau teras. jika memiliki kolam renang, Anda bisa meletakkan lilin ini di bagian tepinya. Cahaya lilin yang redup di tengah temaramnya malam, akan membuat rumah Anda tampak romantis.





























1)Gambarlah bentuk yang Anda sukai pada batu bata. Agar lebih mudah, sebaiknya buat bentuk yang sederhana, seperti bentuk bulat, kotak, atau oval. Bentuk yang sederhana ini akan memudahkan Anda pada saat melubangi batu bata.













2)Dengan menggunakan obeng dan palu (kalau ada, Anda bisa menggunakan tatah atau bor), buatlah lubang pada bata menurut bentuk yang sudah dibuat tadi. Kedalaman lubang cukup 1 cm. Dasar lubang tidak perlu dibuat terlalu rapi karena nanti akan tertutup lilin. Hati-hatilah saat membuat lubang ini. jika tidak, batu bata bisa retak/terbelah.













3)Potong-potonglah lilin menjadi beberapa potongan kecil (bisa menggunakan bantuan palu) dan ambil sumbunya. Masukkan potongan-potongan lilin tadi ke dalam panci. Kemudian masak di atas api kecil hingga lilin benar-benar mencair. Agar lilin baru yang akan dibuat nanti terlihat bersih, sebaiknya sebelum dicairkan, lilin dibersihkan dahulu.













4)Potong tali sumbu yang diambil dari lilin tadi. Potongan sumbu tidak usah terlalu panjang. Pasang sumbu di tengah-tengah lubang pada batu bata.













5)Segera tuangkan lilin yang sudah mencair ke dalam lubang tersebut. Tuang sampai lilin memenuhi seluruh lubang. Perlu dicatat, batu bata mempunyai pori-pori yang akan menyebabkan lilin cair meresap ke dalamnya, dan membuat volume lilin cair yang sudah dituangkan berkurang. Karena itu setelah lilin agak mengeras, tuangkan lagi lilin cair di atasnya. Begitu seterusnya hingga lubang benar-benar penuh, lalu diamkan sampai lilin benar-benar mengeras dan kering.

Lihat yang lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar