Senin, April 27, 2009

DARI GERABAH JADI "MARMER"












MANA mungkin gerabah bisa berubah menjadi marmer? Mungkin ini yang terlintas di benak Anda setelah membaca judul di atas. Padahal, ini benar-benar bisa Anda lakukan sendiri Sebenarnya yang dimaksudkan di sini adalah perubahan penampilan, bukan perubahan bahan.

Gerabah yang terbuat dari tanah liat kadang penampilannya kurang menarik. Tidak jarang orang berusaha mengubah penampilannya menjadi lebih cantik. Biasanya dengan mengecat ulang menggunakan cat biasa yang hanya mengubah warna asli gerabah menjadi warna yang sesuai dengan kenginan Anda.

Pada edisi kali ini, Tabloid RUMAH akan menyajikan cara mempercantik gerabah dengan cara yang tak biasa, yaitu dengan mengubahnya menjadi secantik batu marmer. Dengan teknik pengecatan yang sederhana dan bahan yang mudah didapatkan, Anda bisa menambah koleksi pajangan Anda, bahkan bisa mengembangkannya menjadi home industry.

Cat yang kami gunakan di sini tidak hanya untuk mengecat gerabah, tetapi juga bisa digunakan untuk mengecat bahan yang lain seperti kayu, besi, dan plastik.

Sebagai catatan, metoda pengecatan ini kami sajikan untuk menyambung dua artikel sebelumnya (mengecat dengan efek retak dan antik).

Untuk mengetahui lebih jelas cara pengecatan ini, langsung saja ikuti langkah-langkah berikut.

Alat dan bahan yang diperlukan.
- gerabah
- kuas
- amplas
- sendok
- lap
- cat dasar (melamine primer)
- melamine hardener
- aseton
- coating











1) Amplaslah gerabah yang akan dicat menggunakan amplas No. 400 agar permukaan gerabah
menjadi lebih halus. Bila permukaan gerabah terdapat cacat agak parah, sebaiknya dempul dulu dengan dempul kayu. Pengamplasan ini juga bertujuan untuk membersihkan permukaan gerabah dari kotoran-kotoran yang menempel, agar cat dapat melekat dengan baik.

2) Campurkan melamine hardener pada cat dasar dengan perbandingan 9:1. Dengan campuran
melamine hardener, cat dasar bisa lebih cepat mengering.

3) Aplikasikan campuran cat dasar ini menggunakan kuas atau sprayer, tergantung pada besar
bidang yang akan dicat.












4) Setelah cat dasar diaplikasikan, tunggu sampai kering. Kemudian aplikasikan cat warna
dengan cara ditutulkan menggunakan kuas lukis biasa. Namun sebelum kuas ditutulkan ke
gerabah, kuas yang dipenuhi cat harus ditutulkan lebih dahulu ke secarik kain. Ini di lakukan supaya cat tidak meleleh secara tidak beraturan.











5) Kemudian untuk memperoleh efek marmer, cat warna 'dipecah' menggunakan aseton. Celupkan kuas bersih ke dalam aseton, lalu tutulkan lebih dulu ke kain lap. lni juga bertujuan agar aseton tidak meleleh. Kemudian baru tutulkan kuas ke cat warna pada gerabah tadi.

Agar efek marmer tampak lebih bagus, Anda bisa mengombinasikan teknik ''menutulkan'' dengan teknik "menarik'' kuas secara perlahan. Setelah selesai, Anda bisa melapisinya dengan coating. Gunakan sprayer, karena jika menggunakan kuas, cat yang telah diaplikasikan akan membaur dengan coating.

Kami menggunakan:
- Cat dasar (lmpra MP 122 White)
- Cat pewarna (lmpra WS 162B Rotan Cray)
- Coating (Impra NYL 175 Clear Gloss)


Download pdf-nya
Diambil dari Majalah RUMAH
Buku Seri 'Andapun Bisa'
Penerbit PT Prima Infosarana Media

Tidak ada komentar:

Posting Komentar