Minggu, September 06, 2009

Komputer dalam Genggaman




Kemana-mana menenteng laptop? Mungkin sebentar lagi hal selama ini menjadi rutinitas Anda, akan dirasakan kurang praktis. Kalau hanya mengirim e-mail, membuat catatan, menulis dokumen, mendengarkan radio, atau bahkan membuat rekaman video sekalipun sekarang bisa anda lakukan hanya dengan memainkan ujung jari Anda di keypad ponsel.

Semua fungsi komputer pribadi (PC) sudah dimiliki Ponsel zaman sekarang, sehingga bisa dikatakan bahwa ponsel sebagai miniatur PC yang memiliki kemampuan telepon. Pada awalnya ada dua jenis ponsel yang memiliki kemampuan seperti itu, yaitu Personal Digital Asistant (PDA) phone, dan smartphone alias ponsel cerdas.

PDA phone merupakan pengembangan dari PDA yang pada awalnya diciptakan lebih berupa organizer digital berupa komputer mini yang bisa dibawa kemana-mana dengan ciri utama adalah penggunaan touch screen (layar sentuh). PDA banyak digunakan sebagai pengorganisir pribadi seperti menyimpan notes dan menjalankan aplikasi perkantoran (office) pada awalnya, tetapi pada perkembangannya kemudian fungsi kegunaannya diperkaya dengan aplikasi seperti kalkulator, penunjuk jam dan waktu, penerima radio, perekam video, dan pencatat memo, dan permainan komputer. PDA juga dapat kita gunakan membuat buku, membaca e-book, menggunakan GPS dan masih banyak lagi fungsi yang lain. Karena perkembangan kebutuhan akan komunikasi maka ditambahkanlah fungsi telepon ke dalam PDA sehingga menjadi PDA phone. Sekarang kita bisa menjumpai PDA phone yang lebih canggih yang dapat digunakan sebagai telepon genggam, pengirim surat elektronik (e-mail), akses internet, intranet, atau extranet lewat Wi-Fi atau Jaringan Wireless.



Jenis yang kedua adalah smartphone. Bertolak belakang dengan PDA phone, smartphone pada awalnya diciptakan sebagai alat komunikasi dengan fungsi utamanya untuk bertelepon dan berkirim pesan. Jika PDA phone merupakan pengembangan dari PDA, maka smartphone merupakan pengembangan dari telepon seluler (ponsel). Pada perkembangannya ponsel ini melengkapi diri dengan kemampuan mengirim e-mail, musik, kamera, video, GPS, sampai menjalankan program perkantoran.

Beberapa orang mengatakan bahwa smartphone adalah telepon yang menjalankan sistem operasi dan software secara komplit, yang menyediakan antarmuka dan platform yang standar untuk para pengembang aplikasi. Ada juga yang berpendapat smartphone hanya merupakan telepon dengan fitur-fiitur canggih seperti e-mail, internet dan kemampuan e-book reader, dan built in keyboard atau eksternal USB keyboard dan Konektor VGA.

Sekarang susah sekali untuk membedakan PDA phone dengan smartphone. Penyebab utamanya adalah keduanya sudah melengkapi diri dengan fasilitas-fasilitas tambahan, sehingga suatu smartphone bisa jadi merupakan PDA phone atau sebaliknya.



Blackberry dan iPhone

Diantara berbagai merk smartphone yang ada di pasaran, ada dua merk yang sangat terkenal saat ini, yaitu iPhone dan Blackberry. iPhone merupakan smartphone yang terlaris paling digandrungi di dunia. Model Slim sehingga lebih stylish untuk digenggam, Full Touch screen, menu flash yang interaktif, serta layanan aplikasinya yang canggih membuat smartphone keluaran Apple Inc., ini sangat digandrungi semua kalangan. Apalagi dengan diluncurkannya iPhone 3G S yang merupakan penyempurnaan dari iPhone 3G, menjadikannya smartphone yang powerfull dan memiliki performa kecepatan yang lebih, yang tidak dimiliki iPhone sebelumnya.

Sedangkan Blackberry sebetulnya nama sebuah layanan yang dikembangkan pada tahun 1997 oleh perusahaan Kanada, Research In Motion (RIM). Mengapa Blackberry begitu terkenal? Jawabannya adalah karena layanan Blackberry mempunyai kemampuan yang menakjubkan untuk menyampaikan informasi data melalui jaringan nirkabel dari perusahaan telepon seluler.

Pada awalnya layanan Blackberry ini hanya bisa diakses menggunakan smartphone khusus, yang bermerk sama dengan nama layanannya, yaitu Blackberry. Karena menggunakan layanan yang handal maka tidak heran smartphone Blackberry menjadi idola baru. Apalagi Positioning BlackBerry 'Always on, Always Connected', membuat Blackberry memang bukan ponsel cerdas biasa.

Sekarang layanan Blackberry sudah bisa dinikmati menggunakan smartphone yang lain. Hal ini dimungkinkan dengan adanya Blackberry Connect. Pengguna hanya perlu menginstal Blackberry Connect dari smartphone-nya untuk dapat menikmati Blackberry internet solution. Beberapa merk smartphone yang sudah bisa menggunakan layanan Blackberry ini adalah : Nokia (N-9500, N-9300, N-9300i, E61), Sony Ericsson P910i, M600i, Palm Treo, dan Dopod.

Kemudahan yang dihadirkan smartphone dalam mengakses e-mail dan pesan instan membuat para pengguna seringkali tak bisa lepas. Di beberapa negara bahkan pemerintahnya sampai mengeluarkan aturan khusus untuk membatasi dan melarang penggunaan smartphone, karena dianggap menganggu. Sepertinya di Indonesia masih belum perlu diberlakukan larangan seperti negara lain, tetapi memang harus dipikirkan supaya penggunaan smartphone bisa dimaanfaatkan untuk menambah produktivitas dan kreatifitas para pemakainya. Jangan sampai penggunaan smartphone tadi malah menjadi kontra produktif bagi penggunanya.(K-i-N)

Kabar dari POS
Edisi 13, 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar