Sabtu, Mei 09, 2009

KAYU ASH










Kayu Ash dan Oak tidak jauh berbeda kecuali keduanya sangat diperlukan bagi penggunaan modern dan tradisional. Keduanya mempunyai sifat fisik dan pengerjaan untuk konstruksi, penggabungan, lantai dan furniture. Untuk penggunaan sebagai alat olah raga seperti tongkat pemukul baseball, keduanya berbeda. Ash menyerap getaran dan lebih disukai penggunaannya. Ada beberapa penggunaan Ash yang dicatat oleh Foster's Sage Gateshead Auditorium di Inggris, yang berdasarkan warna, urat kayu dan karakternya membuat disainer furnitur dan tukang kayu tertarik.

Ash Amerika sebagian besar adalah ash putih, Fraxinuz americana, disamping ash hitam dan coklat, Fraxinus nigra. Meski terkadang membingungkan, inti kayu dari ash putih sering pula disebut sebagai ash coklat. Persentase inti kayu yang berwarna coklat sangat tergantung pada lokasi tanaman itu tumbuh. Misalnya, ash dari bagian utara yang tumbuh lebih cepat, inti kayunya lebih sedikit ketimbang ash utara yang tumbuh lebih lambat di iklim yang lebih dingin. Oleh karena itu, ash putih terkadang dijual sebagai "utara" atau "selatan". Berat jenisnya juga bevariasi. Tanaman ash tumbuh mulai dari Selandia Baru(?) dan Florida di bagian timur hingga ke bagian barat yaitu Minnesota dan timurTexas. Jadi ketika menggolongkan kayu Amerika, "ketahuilah asalnya"! Sebagian besar importir kayu dan distributor mengetahui perbedaan karakteristiknya.

Salah satu penggunaan awal dari ash Amerika adalah untuk mencegah dari ular, daunnya digunakan di sepatu boot dan kantong dari sang pemburu. Baru setelah itu penggunaannya lebih dikenal untuk tongkat baseball, bagian pegangan dari peralatan dan penggunaan lainnya yang membutuhkan kayu yang dapat dilenturkan atau menyerap getaran. Bijinya adalah sumber utama makanan bagi kehidupan liar -ash menjadi penting karena tersebar di seluruh hutan di bagian timur AS dan tidak terkonsentrasi di satu tempat saja. Pohon ash tumbuh setinggi 70 atau 80 kaki, tumbuh lebih besar dari sepupunya di Eropa sehingga menghasilkan papan yang lebih lebar dan relatif tanpa cacat. Pohon ash hanyalah 4.5% dari sumber kayu keseluruhan (Sumber: USDA/FAS, 1992) atau sejumlah 373 juta kubik meter. Pohon ash ditebang untuk penggunaan yang luas sejak pendatang di benua Eropa yang pertama tiba dan semakin meningkat volume penggunaannya dengan manajemen regenerasi dan alami -sesuatu yang sangat diperlukan untuk keberlanjutan.

Berat Ash Amerika sekitar 660 kg/m3 dengan kelenturan yang sangat baik, kualitas kekuatan, elastisitas, kekakuan dan kekerasan yang baik, selain beratnya yang relatif ringan dan ketahanan terhadap getaran yang sangat baik.








Ash Amerika diklasifikasikan tidak dapat tahan lama meskipun bagian dalam kayunya yang berair memiliki pori (permeable) dan mudah untuk diberikan tindakan pengawetan. Sebaliknya, pada inti kayunya tidak begitu mudah untuk melakukan hal ini. Hal ini membuat Ash Amerika lebih mudah untuk diolah dengan bahan kimia penghambat api ketimbang jenis kayu yang lain. Sifat lainnya mengarah ke kayu yang lebih keras yaitu perlu di bor terlebih dahulu sebelum dipaku, diolah dengan mesin, lem, pewarna dan pemoles untuk mendapatkan hasil akhir yang indah. Sifat dekoratif dari ash dikarenakan pola urat kayunya yang kuat dan umumnya berwarna hangat yang beragam mulai dari pucat hingga kuning yang merupakan fitur dari furnitur kontemponer.

World Hardwoods


Woodmag, No. 19, Des 2008
Magazine for Ekamant's Premier Customer

2 komentar:

  1. Terimakasih atas informasinya, Silahkan Kunjungi website kami ^^
    http://fauziaherbal.com/obat-herbal-endokarditis/

    BalasHapus
  2. kami menjual kayu ash seperti artikel di atas, silahkan kunjungi dan kontak kami untuk penawaran menarik;

    APPTimber menjual #kayuimpor #Vinir #HPL #MDF #HDF #PB bersertifikat #PEFC #FSC dengan berbagai macam species seperti #WhiteOak #RedOak #Cherry #Walnut #Maple, dsb yang dapat dipakai untuk membuat #Furnitur #Lantai #pintu #Dinding #Kitchenset pada article ini.

    Segera hubungi kami di;
    #Warehouse : Kawasan Industri Kendal (#KIK) Jl.Wanamarta Raya no.03 - Brangsong-Kendal
    *telp : 0297-3691999/021-5720547 *Email:indonesia@apptimber.com WWW.APPTIMBER.COM
    Lokasi (https://goo.gl/maps/XHFRSitLeZN2)

    #KAYUIMPOR #APPTIMBER

    BalasHapus