Jumat, Agustus 14, 2009

Anak Hiperaktif Bukan Anak Nakal


BANYAK orangtua yang mengeluhkan anak balitanya superaktif. Tidak bisa diam, jumpalitan, tidak fokus, nakal, pethakilan, dan sejenisnya. Kalangan medis menyebut balita jenis ini masuk kategori anak hiperaktif.

Hiperaktif merupakan gangguan pertumbuhan yang cukup lazim dialami balita. Rata-rata terjadi sebelum mereka berusia 7 tahun. Jika menemui balita demikian, kaum ibu tidak perlu panik dan cemas. Tahap awal yang mesti dilakukan adalah menyadari adanya gejala. Tidak semua tingkah laku yang kelewatan dapat digolongkan sebagai hiperaktif. Karena itu, langkah berikutnya adalah konsultasi dengan ahli terapi psikologi anak. Ini penting karena gangguan hiperaktivitas bisa berpengaruh pada kesehatan mental dan fisik anak, serta kemampuannya dalam menyerap pelajaran dan bergaul. Konsultasi diperlukan agar orangtua memperoleh gambaran apa yang mesti dilakukan agar sifat hiperaktif bisa berkembang ke arah yang positif.

Celakanya, masih banyak guru yang tidak tahu menangani anak hiperaktif ini. Karena itu biasanya mereka "asal mencap" anak tersebut sebagai anak nakal. Dan biasanya kalau sudah mencap nakal, guru tidak mau menangani lagi, atau justru menangani dengan cara yang salah, seperti dihukum, dimarahi, dan lain-lain.

Anak hiperaktif bisa dilihat tanda-tandanya sejak bayi, yaitu mudah kaget dan terbangun oleh suara yang tidak keras. Ini akibat refleks moronya terlalu aktif. Selain itu ketika tumbuh lagi, ia banyak sekali melakukan gerakan yang bertujuan, misalnya mondar-mandir mengambil bola.

Intinya, untuk sampai pada diagnosis hiperaktif, ada tiga hal yang harus dipenuhi, yaitu:


1. Sulit berkonsentrasi. Contoh: ceroboh, pelupa, tidak terorganisir dengan baik.
2. Sulit menahan diri. Contoh: suka memotong pembicaraan orang lain, tidak suka menunggu antrean.
3. Banyak melakukan gerakan. Apa pun yang dilakukannya, ia seperti tidak merasa lelah.

Selain itu, diperlukan juga tes-tes tertentu, seperti observasi perilaku, observasi mengerjakan tugas-tugas, bermain, dan mengerjakan soal-soal tes.

Tanya
Apakah anak hiperaktif bisa dikenali sejak dalam kandungan, dan apakah ada kemungkinan untuk sembuh?
Endah S, Jakarta

Jawab
Pada beberapa kasus bisa dikenali sejak dalam kandungan. Namun beberapa yang lain tidak. Hiperaktif bukanlah penyakit, jadi tidak ada istilah sakit atau sembuh. Lebih tepat kalau dibilang bagaimana mengolah dan bagaimana bisa hidup nyaman dengan anak hiperkatif. Faktor sebabnya belum ketemu. Dari beberapa kasus diteliti dan ditemukan misalnya ada yang paling umum adalah kekurangan neurotransmitter di otak. Karenanya dokter biasanya memberikan obat-obatan yang fungsinya menambah neurotrasmitter. Tapi, hiperaktif itu ada bermacam-macam pemicunya. Ada yang karena alergi pada zat-zat kimia, ada yang memang karena pola asuh yang salah.

Tanya
Apakah hiperaktif bisa dialami oleh anak laki-laki dan perempuan. Bagaimana terapi untuk mengatasinya?
Suhalim Rahmat, Semarang

Jawab
Hiperaktif tidak memandang bulu. Anak laki-laki atau perempuan bisa mengalaminya. Penelitian faktor resikonya 5 kali lebih besar untuk semua jenis gangguan perkembangan. Untuk terapi, mesti ke ahlinya seperti psikolog atau klinik anak tumbuh kembang. Di sana anak akan diidentifikasi dengan jelas sehingga ketahuan apa sebabnya. Kalau anak tidak bisa konsentrasi, maka dia tidak bisa mengolah input yang masuk, diberi terapi pengajaran supaya dia bisa bicara. Orang bicara kan karena dia mendengar, memasukkan ke otak mengolah lalu memproduksi lagi. Jadi gangguannya sampai ke soal gangguan bicara.

Tanya
Ada anak yang kalau marah suka memukul kepala. Bicaranya juga belum lancar. Kenapa bisa terjadi hal ini?
Khoirul Sajadi, Serang

Jawab
Anak marah biasanya karena ingin kemauannya dituruti. Untuk mengatasinya, butuh ketegasan dari orangtua. Waktu anak marah, jangan diberi tanggapan apa pun. Bilang baik-baik bahwa kita tidak mau bicara sebelum dia diam tenang. Untuk anak yang salah satunya sulit konsentrasi, dia mesti dilatih dengan banyak komunikasi/siklus komuniaksinya mesti nyambung.

Konsultan: Ike R Sugianto
Psikolog Anak dan Remaja dari Universitas Indonesia

Healtylife
Edisi 07/VIII - Juli 2009

3 komentar:

  1. Anak saya laki-laki berumur 3 Th suka sekali memukul anak yang lebih kecil, tidak pernah bisa diam,komunikasinya baik bahkan cenderung terlalu cerewet,karena segala sesuatunya selalu dikomentari.Apakah anak saya termasuk anak yang hiperaktif?
    Susi (Lampung)

    BalasHapus
  2. mksh komennya bu susi
    pertanyaannya sdh sy teruskan ke HL
    mudah2an sgr ada jawabannya
    ditunggu ya bu...

    BalasHapus
  3. bu susi di bwh ini sy lmprkn jwbn HL
    meski mgkn blm sepenunya memuaskan ibu
    mudah2an bisa dijdkn acuan utk lngkh selanjutnya
    buat HL makasih atas responnya.

    ---------------------
    Asslm

    Pertanyaannya kurang jelas, harus diperiksa dulu, tapi ada beberapa saran yang bisa dilakukan. Seperti sudah brp lama seperti ini,apakah memang sudah jadi kebiasaan anak tsb atau perilaku ini baru tampak. kemudian.dia anak ke brp, dari brp bersaudara,.apakah ada adik yang baru lahir.kan biasanya ini terjadi sbg spt seek attention atau sibling rivalry (mencari perhatian) krn kelahiran adik baru. Kalo disebut hiperaktif bila diberikan tugas dia sama sekali tdk bisa nyelesaikan cth disuruh mewarnai,tapi utk umur 3 thn kita blm bisa menilai apakah hiperaktifnya adlh sbg gangguan atau masih variasi normal dr stadium perkembangan sesuai perkembangan anak menurut usianya yg memang masih tahap eksplorasi. Atau cari perilaku lainnya yg aneh mis membenturkan kepala, menyakiti dirinya atau tantrum. Kalo ada kondisi spt ini mgkn anak bisa dikatakan agresifitas nya menonjol jadi perlu evaluasi oleh psikiater anak untuk menegakkan apakah sdh tergolong disorder/gangguan atau hanya merupakan perilaku seek atantion, sibling rivalry atau ggn disruptif atau ggn perilaku anak tipe hiperaktivitas. Dievaluasi juga apakah anak tidak mendapatkan perlaku abuse fisik dari org di sekitanya atau pola asuh orang tua yg sangat over indulgen sehingga anak berkembang dg toleransi rendah terhadap situasi yg tdk membuatnya nyaman

    (Hasil konsul dgn Dr. Ella Papuyungan)

    Wass
    Arty

    BalasHapus